Cara Mudah Tingkatkan Personalisasi Email Marketing

Semua pasti mengetahui bagaimana hebatnya strategi email marketing. Namun, seberapa besar kita mengetahuinya? Data-data berikut bisa membantu Anda untuk mengetahui gambaran kehebatan email marketing:

  1. Tahun 2019, jumlah pengguna email di dunia mencapai 3,9 miliar dan diperkirakan tahun 2020 ini naik sekitar 4 miliar.
  2. 293,6 miliar email telah terkirim dan diterima di tahun 2019, sedangkan di 2020 ini, perkiraan mencapai 306.4 miliar
  3. 30% marketer seluruh dunia berkata bahwa dari semua strategi marketing, email memberikan ROI tertinggi.

Kemudian, apakah besarnya angka pengguna email yaitu 3,9 miliar berarti semua memakai email marketing untuk bekerja atau bisnis? Tentu tidak. Dan apakah besarnya volume email (terkirim dan diterima) membawa keuntungan untuk campaign Anda? Tentu tidak juga.

  • Gagasan statistik diatas bukan hanya berfokus pada angka tetapi juga fokus dalam mendapatkan insight lebih kepada pengguna. Karena data akan lebih bernilai jika kita bisa membuat insight yang relevan sehingga bisnis bisa masuk kedalamnya. Dari data diatas, Anda bisa membuat perhitungan bahwa
  1. Calon customer Anda pasti memiliki alamat email.
  2. Customer Anda juga mungkin lebih memilih mengetahui brand Anda melalui email. Menurut penelitian awal tahun 2019, 62% konsumen nyatanya memang lebih tertarik dihubungi brand perusahaan melalui email.

Walaupun begitu, biaya berinteraksi dengan pengguna melalui email juga jauh lebih murah dibandingkan dengan saluran akuisisi yang ada. Bahkan tahun 2018, setiap 1$ yang dihabiskan untuk email marketing, bisa return menghasilkan rata-rata 44$.

Terpentingnya adalah kita harus bisa memahami insight seperti apa untuk bisnis Anda. Dengan semua point dan data diatas, anda bisa membuat Langkah bahwa sebenarnya tidak ada ruginya di email marketing, banyak insight potensi yang bisa Anda dapatkan, misal mengetahui pengalaman customer di channel yang customer Anda gunakan. Kemudian, potensi untuk mengefisiensi biaya dan memberi kekuatan untuk ROI.

Jika Anda gunakan dengan cerdas, Anda dapat memanfaatkan power of email marketing

Namun, pertanyaannya adalah apa yang harus Anda lakukan untuk memastikan menggunakan channel email marketing hingga kekuatan maksimum?

Pengaruh Intelligent Technology

Teknologi selalu berada di top teratas dalam segala bidang kehidupan. Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI) dan Machine learning (ML) bukan hanya kata, melainkan dapat mengurangi hambatan dan meningkatkan peluang mencapai akurasi dengan tingkat presisi yang lebih tinggi.

AI dapat mengirimkan email yang memiliki dinamis konten. Misal seseorang sebelumnya mencari opsi sepatu, dengan AI anda dapat mengoptimalkan tingkat open & click rates yang tinggi pada produk yang sama.

AI juga dapat membantu menemukan rekomendasi terbaik untuk optimalkan brand Anda. Hal ini membantu memberikan customer memilih produk sesuai selera.

AI juga memastikan menghasilkan prediksi yang terjamin tingkat keakuratannya dari setiap nilai data yang diberikan.

Prioritaskan User Experience (UX) diatas segalanya

UX berada di garis depan setiap bisnis yang sukses. Bisnis, maupun email campaign apapun yang memprioritaskan UX akan selalu memiliki keunggulan.

Berikut ini hal hal yang perlu diperhatikan menambahkan UX di email:

Personalisasi iklan – email advertising Anda harus konsisten dan relevan dengan perilaku keseharian & kebutuhan customer. Jika customer anda ingin membeli laptop, kirimkan promosi email yang berkaitan dengan kebutuhan customer tersebut yaitu laptop.

AMP Email Teknologi —  email AMP adalah teknologi yang memungkinkan pengguna dapat memberikan interaksi dalam satu email tanpa harus mengunjungi situs web pada tab baru, sehingga bisa menjaga alur UX.

Progress kreatif–Pelanggan Anda pasti memiliki ribuan email di inbox untuk dibuka. Strategi dalam email ini membuat pelanggan Anda merasa berbeda, mereka akan click dan bahkan membagikannya kepada semua orang di jaringan. Sehingga Anda dapat mengindentifikasi lebih jauh customer experience pelanggan Anda.

Beradaptasi cepat dengan Audience

Dengan Teknologi baru telah menembus berbagai market, pelanggan juga jadi semakin didepan. Sehingga meningkatkan ekspektasi terhadap suatu brand. Tingkat adaptasi menghasilkan peluang besar untuk bisnis yang terhubung dengan pelanggan. Jika sudah seperti itu, Anda perlu mengoptimalkan email anda untuk pengguna. Semua bisnis yang mampu bersaing harus ada strategi khusus email marketing untuk setiap calon pelanggan (Audience) Anda.

Kejar Personalisasi Komunikasi Customer Anda

Mempersonalisasikan pengalaman customer Anda bisa Anda gunakan untuk memutar opini sesuai kehendak yang Anda mau. Anda dapat memberikan apa yang disukai oleh pelanggan di setiap interaksi yang dilakukan. Itulah mengapa personalisasi memberikan pengalaman pelanggan yang meningkatkan engagement di semua saluran, khususnya email.

Sumber : Digital Marketing Community