8 Tips Untuk Meningkatkan Keterlibatan Pengguna oleh Deep Linking Push Notifications

Sebagai pengguna, seberapa sering anda memasukan barang ke keranjang belanja anda lalu mengabaikan atau menunda pembelian melalui aplikasi e-commerce? Cukup sering, bukan?

Tidakkah push notification yang dibuat dengan baik dan tepat waktu menyorot penurunan harga pada salah satu item yang Anda tambahkan ke keranjang menggoda Anda untuk “membeli sekarang”?

Jika anda membuka halaman produk yang relevan, anda mungkin akan langsung membeli produk tersebut. Tapi, jika anda diarahkan ke aplikasi atau browser home page, anda mungkin akan meninggalkannya.

Ketika anda diarahkan ke halam produk yang relevan, pemasar hanya menghubungkan tautan push notification, mendorong peluncuran kembali aplikasi dan penyelesaian transaksi. Dan ini akan memiliki arti yang berbeda antara berhasil dan tidak berhasil untuk waktu sensitive dari push notification campaign.

Sebagai pemasar seluler yang digerakkan oleh KPI, penautan dalam sangat penting untuk strategi pemasaran seluler Anda.

Apa itu Deep Linking?

Deep Linking mengacu pada penggunaan URL tertentu yang mengarahkan pengguna ke halaman tertentu di situs web, situs seluler, atau lokasi yang tepat dalam aplikasi. Deep Linking dapat secara langsung membawa pengguna ke halaman mana pun melalui berbagai saluran seperti tautan web, email, SMS, Mobile push notification, push notification, web push notification, posting media sosial, daftar hasil pencarian, dan / atau iklan spanduk.

Deep Linking sebagai jalan pintas yg cerdas untuk mencapai tujuan kontekstual yang Anda inginkan agar dijangkau oleh pengguna secara tepat waktu.

Mengapa Deep Linking Sangat Penting Untuk Pemasar Ponsel?

Deep Links cukup umum di situs web, hanya ekstensi URL. Misalnya, http://example.com akan mengarahkan pengguna ke beranda situs web, sementara http://example.com/path/pag akan membawanya ke halaman tertentu di dalam situs web. Pengalaman navigasi dalam hal ini cukup mulus.

Di dunia aplikasi seluler yang sangat kompetitif, Anda membutuhkan cara cepat dan efisien untuk mengarahkan pengguna Anda dari push notification yang dipersonalisasi ke halaman tertentu dalam aplikasi Anda, membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk:

  • Mempertimbangkan untuk menyelesaikan pembelian, jika ada situasi keranjang yang ditinggalkan,
  • Periksa fitur aplikasi baru, atau
  • Gunakan kode kupon untuk melakukan transaksi yang mungkin Anda promosikan

Ini hanya beberapa kasus penggunaan umum yang dapat diatasi dengan Deep Linking yang efektif.

Dengan rentang perhatian yang semakin berkurang, pengguna aplikasi dapat beralih dari email ke situs seluler, ke aplikasi, ke SMS dan kembali lagi, dalam beberapa saat. Semakin mudah dan cepat Anda membuatnya bagi pengguna untuk bertindak pada pesan pemasaran Anda, semakin tinggi peluang konversi.

Di sinilah Deep Linking pada push notification bertindak sebagai pengubah.

Mengapa Harus Menggunakan Deep Linking di Dalam Push Notifications?

Push Notifications sangat penting dan merupakan alat yang cukup kuat untuk pemasar ponsel. Jika tujuan adalah mendorong akuisisi, keterlibatan, retensi, dan konversi, maka Anda tidak dapat mengabaikan Deep Linking seluler. Faktanya, Deep Linking saja dapat membantu Anda meningkatkan tingkat aktivasi dan retensi sebesar 2X, mendorong pengguna untuk mengunjungi aplikasi 2X lebih sering dibandingkan pengguna yang belum menerima push notifications terkait.

Padukan strategi Deep Linking Anda dengan push notification yang dipersonalisasi media rich push notifications, dan Anda dapat meningkatkan tingkat retensi setinggi 7X! Berikut adalah 5 manfaat utama menghubungkan Deep Linking dengan push notifications Anda:

1. Pengalaman Pengguna Yang Lebih Baik

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Deep Linking seperti jalan pintas. Mereka memungkinkan pengguna untuk mengakses konten yang diinginkan dengan mudah dan cepat hanya dengan mengklik push notifications yang Anda kirimkan kepada mereka.

2. Konversi Lebih Cepat dan Pendapatan Lebih Tinggi

Deep Linking mempersingkat jalur yang paling umum menuju konversi dalam aplikasi, sehingga meminimalkan kemungkinan pengguna masuk di antaranya, sambil mencoba menavigasi melalui aplikasi.

Untuk aplikasi seperti e-commerce, travel, pemesanan hotel, media OTT, musik, dan berita, di mana konten aplikasi / kategori produk bisa sangat besar, mengirimkan pengguna langsung ke produk tertentu, penawaran, atau halaman promo dapat secara eksponensial memengaruhi tingkat konversi. Ini, pada gilirannya, menghasilkan memaksimalkan peluang monetisasi.

Misalnya, dalam push notifications aplikasi pemesanan hotel, jika Deep Linking diaktifkan, pengguna dapat langsung diantar ke halaman pemesanan hotel tertentu, alih-alih beranda aplikasi yang mungkin membanjiri dia dengan terlalu banyak pilihan.

Rekomendasi hotel ini dapat dipersonalisasi berdasarkan riwayat penelusuran, perilaku pemesanan, anggaran, dan lokasi pengguna

3. Melibatkan Kembali Pengguna dengan Lebih Baik

Melibatkan kembali pengguna aplikasi yang tidak aktif tidak mudah. Meskipun push notifications dapat berfungsi sebagai cara terbaik untuk mengembalikannya ke aplikasi, push notifications hanya dapat berfungsi jika dilakukan dengan benar.

Menambahkan Deep Linking kontekstual ke semua upaya keterlibatan ulang Anda dapat mendorong pengguna tidak aktif Anda terlibat dengan halaman paling relevan dari aplikasi Anda (penawaran yang dipersonalisasi, poin dompet gratis, fitur baru, penjualan berkelanjutan, dll.) Tanpa membuang banyak waktu mereka .

4. Peningkatan Penggunaan Aplikasi

Dengan Deep Linking, Anda dapat mendorong pengguna untuk menjelajahi fitur baru serta fitur yang kurang digunakan dengan mengarahkan mereka langsung ke area spesifik tersebut di dalam aplikasi atau situs seluler Anda.

5. Pelacakan Campaign yang Efisien

Deep Linking memungkinkan Anda melacak dan mengukur seluruh pengalaman pengguna, dan karenanya membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang perilaku dalam aplikasi dan efektivitas Campaign pengguna.

Bagaimana Deep Linking Bekerja?

Deep Linking telah berjalan jauh selama beberapa tahun terakhir. Pada awalnya, ada Deep Linking tradisional yang hanya berfungsi jika aplikasi diinstal pada smartphone pengguna, dan menunjukkan kesalahan atau halaman mundur, jika aplikasi tersebut tidak diinstal.

Deep Linking yang lebih lanjut ditangguhkan mengarahkan pengguna ke konten yang ditentukan bahkan jika aplikasi tidak diinstal saat tautan dibuka. Tautan pertama mengarahkan pengguna ke toko aplikasi masing-masing, mendorong unduhan aplikasi. Pengguna kemudian dibawa ke konten “ditangguhkan” spesifik, segera pada saat peluncuran aplikasi pertama kali.

Mengambil Deep Linking ponsel selangkah lebih maju, ada Deep Linking kontekstual bersama dengan fungsionalitas tautan yang ditangguhkan, memiliki kemampuan untuk menyimpan informasi tentang ke mana pengguna ingin pergi, ke mana tautan itu diklik, yang awalnya membagikan tautan itu, dan data pengguna bermanfaat lainnya.

Perhatikan bahwa sangat penting bahwa Deep Linking Anda tidak rusak, karena tautan itu dapat merusak pengalaman aplikasi. Anda membutuhkan tim pengembangan aplikasi yang efisien untuk menerapkan Deep Linking.

Bagaimana Anda Dapat Meningkatkan Metrik Aplikasi Utama dengan Menghubungkan Push Notifications?

Berikut 8 tips yang menarik bagaimana Deep Linking push notifications dapat membantu anda mencapai ROI yang lebih baik pada strategi pemasaran seluler:

1. Promosikan produk, penawaran, dan flash sale tertentu

Buat push notifications yang sangat menarik (termasuk elemen yang beragam) dan arahkan ke kategori produk tertentu atau halaman penawaran.

Misalnya, mari kita pertimbangkan aplikasi mode e-commerce dan ingin mempromosikan penjualan 50% pada brand alas kaki tertentu. Jika push notifications yang mengkomunikasikan penjualan ini akan membawa pengguna Anda ke layar beranda daripada halaman brand tertentu, seberapa besar kemungkinan pengguna akan mengingat nama dan kategori brand?

Bahkan jika mereka melakukannya, itu bisa berubah menjadi pengalaman yang buruk bagi pengguna. Deep Linked – Push Notifications tidak hanya akan meningkatkan peluang konversi tetapi juga meningkatkan seluruh pengalaman penggunaan aplikasi dari pengguna.

2. Umumkan fitur aplikasi baru dan pembaruan versi

Bantu pengguna Anda menemukan, mempelajari, dan mengadopsi fitur-fitur utama dengan menautkan push notifications Anda secara mendalam karena pengguna Anda mungkin perlu waktu atau mungkin tidak pernah menavigasi ke fitur itu sendiri.

Cegah pengguna Anda dari kebingungan yang mungkin timbul dengan mengumumkan fitur baru dan kemudian mengarahkan mereka ke layar beranda lama yang sama.

3. Bagikan Content yang sedang trending

Aplikasi OTT berita, musik, media sosial, dan media perlu membuat penggunanya mendapatkan informasi terbaru tentang berita, update, yang dirilis secara real-time.

Setiap kali Anda menerima “Like” di posting Facebook Anda, bukankah Anda ingin push notifications untuk mengarahkan Anda ke posting tertentu, dan bukan umpan ke beranda berita anda?

Jika ada berita terbaru yang ingin Anda bagikan dengan pengguna Anda, Anda ingin mereka tiba di artikel lebih cepat. Deep Linking adalah cara paling pasti untuk mewujudkan hal ini.

4. Mendorong pengguna check out keranjang belanja lebih cepat

Retarget pengguna yang telah meninggalkan keranjang belanja mereka dengan push notifications yang membawa mereka langsung ke halaman transaksi.

5. Tingkatkan pengalaman orientasi

Saya kebetulan mencari beberapa opsi pengiriman makanan Cina di ponsel saya. Saya memasang aplikasi, dan telepon saya berbunyi, “Apakah Anda memeriksa restoran Cina terbaru di Powai?” Saya mengklik, mendarat di halaman menu restoran, dan melakukan pemesanan! Saya mungkin tidak akan menemukan restoran jika saya menavigasi dengan cara biasa. Tawaran yang dipersonalisasi memang menciptakan kesan pertama itu dan membuat pengalaman pertama saya memuaskan dan mengesankan.

6. Kirim pesan transaksional yang meningkatkan pelacakan pesanan

Kirim pemberitahuan tentang pelacakan pengiriman, status pesanan, penagihan, dll. Melalui pemberitahuan yang membawa pengguna ke halaman yang relevan secara langsung. Pemberitahuan semacam itu menjadikan pengalaman pengguna aplikasi yang luar biasa.

7. Tingkatkan kemampuan menemukan melalui tautan dalam lokasi yang spesifik

Cantumkan tautan lokasi dalam push notifications yang ditargetkan secara geografis. Pengguna dapat langsung menemukan toko atau restoran terdekat ketika mereka menerima push notifications tersebut.

8. Personalisasi pengalaman penggunaan aplikasi

Berdasarkan perilaku sebelumnya pengguna Anda, mengirimkan push notifications yang membawa mereka ke konten yang mereka sukai, produk yang mungkin ingin mereka beli, bagikan pembaruan tentang artis atau topik konten yang mereka minati, produk terkait berdasarkan riwayat pembelian, pesan baru di kotak masuk mereka, dll.

Ini menambahkan dimensi penting dalam mempersonalisasikan pengalaman aplikasi bagi pengguna. Hal ini tidak hanya meningkatkan peluang konversi, tetapi juga menaikkan rata-rata lama waktu yang dihabiskan didalam aplikasi dan tingkat retensi pengguna jangka panjang.

Jangan menggunakan Deep Link untuk bersaing, gunakan Deep Link untuk menang!

Karena tujuan dari Deep Linking adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna, pastikan bahwa Deep Linking membawa pengguna langsung ke konten tanpa mengharuskan mereka untuk masuk atau melakukan langkah perantara. Seluruh tujuan Deep Linking dikalahkan jika Anda gagal merencanakan bagaimana struktur Deep Link Anda akan bekerja dalam hierarki, arsitektur, dan logika aplikasi Anda.

Saat ini, tidak cukup bagi aplikasi untuk menjadi cepat, andal, dan aman untuk mencapai tujuan bisnis. Pengguna mengharapkan dan menuntut pengalaman yang lebih personal dan bebas gangguan. Deep Linking membantu Anda mengirimkan secara tepat kepada pengguna Anda secara konsisten. Pasangan strategi linking Anda yang mendalam dengan mesin pemasaran seluler Anda untuk skala pertumbuhan yang luar biasa dalam jangka panjang! Untuk memahami lebih lanjut tentang tren dan kemajuan terbaru dalam dunia pemasaran seluler, bicaralah kepada kami hari ini!