6 Pemicu Yang Paling Membantu untuk Brand E-commerce
Ketika e-commerce tumbuh dengan pesat, pentingnya menjaga pelanggan agar tetap engaged juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Berkat teknologi marketing yang terus berkembang, ada banyak cara dan jalur untuk berhubungan langsung dengan pelanggan Anda. Terlepas dari domain e-commerce mana Anda berada, ada 6 marketing campaign yang dapat dilakukan oleh perusahaan e-commerce untuk menargetkan pelanggan mereka. Ini didasarkan pada perilaku pelanggan dan tersebar di seluruh saluran.
- Behavior-based Welcome Series: Waktu yang tepat untuk memulai segmentasi database Anda berdasarkan perilaku pengguna adalah dengan memulainya dari awal, sejak pengguna mendaftar di situs Anda. Siklus hidup pelanggan dapat bervariasi berdasarkan produk yang dijual oleh brand e-commerce. Mengingat produk yang katakanlah mengalami pembelian ulang pada periode waktu 30 – 60 hari, ketika pengguna mendaftar, kirimi mereka welcome mailer generic namun selanjutnya harus sepenuhnya berdasarkan perilaku pengguna tersebut. Komunikasi selanjutnya yang dikirim harus berdasarkan segmentasi dari pengguna saja menjadi pengguna transacted dan pengguna non-transacted.
- Automated Re-engagement triggers: Untuk segmen pengguna yang telah inactive untuk 35 hari terakhir atau lebih, kirimi mereka automated re-engagement series. Pengguna bisa saja yang dulunya pernah melakukan transaksi dan kemudian menjadi tidak aktif. Untuk mereka yang pernah melakukan transaksi dulu, disain automated flows berdasarkan pada pembelian pengguna sebelumnya dan special offer untuk mereka. Hal ini akan memberikan brand Anda menjadi top of mind bagi mereka. Anda dapat melakukan penargetan multi-channel berdasarkan channel mana yang paling disukai pengguna. Demikian pula, bagi mereka yang terdaftar namun belum melakukan transaksi, kirimi pesan “We miss you”, penawaran-penawaran menarik, diskon untuk pembelian Perdana, dan lain lain. Hal ini akan membantu membawa mereka kembali ke situs / aplikasi Anda.
- Transaction Triggered Series: Ketika pengguna menyelesaikan transaksi, kirimi mereka sebuah “Thank you” message. Setelah beberapa saat, kirimkan juga rekomendasi related products ke mereka. Anda juga dapat share blog dan tips yang bersangkutan, jadi cross-sell dan upsell terfasilitasi.
- Suggestion and Recommendations: Berdasarkan produk yang pengguna lihat, kirimi mereka produk rekomendasi dan saran. Ini akan drive cross selling dan upselling.
- Digestified Cart Abandonment Emails: Pengguna biasanya menambahkan item ke dalam cart belanja, namun tidak menyelesaikan transaksi untuk beberapa alasan. Kirimi email pengabaian keranjang yang dicerna dengan rincian produk.
- Replenishment Mailers: Ini adalah pengingat kepada pelanggan tentang repurchase item. Sebagai contoh, kepada pengguna yang membeli cartridge printer, Anda dapat mengirimkan mereka mailer setelah satu bulan berlalu dan meminta mereka mengisi kembali stok mereka.
Menyiapkan pemicu-pemicu ini akan membantu Anda dalam engaging pengguna Anda, mengubah pengguna yang tidak aktif menjadi pelanggan setia. Jadi, mulailah dengan campaign Anda!