Bagaimana Cara Menciptakan Cross-Channel Stratregi Marketing Terintegrasi?
Pemasaran Digital berkembang dengan cepat dan faktor utama yang mendorong evolusi didasarkan pada bagaimana orang merespons marketing campaign yang efektif. Jadi untuk lebih memahami bagaimana Anda dapat menciptakan strategi Integrated Digital Marketing yang efektif, mari kita coba untuk mendefinisikan channel mix yang tepat.
Apa itu Channel Mix?
Channel mix adalah kombinasi antara menargetkan orang yang tepat, melalui channel yang tepat, pada waktu yang tepat dan dengan frekuensi yang tepat.
Agar berhasil menerapkan Cross-Channel plan yang efektif, marketer perlu memahami dua hal:
Channel mana yang membantu untuk engage dan menciptakan active users?
Channel mana yang benar-benar mendorong dampak bisnis (terutama ROI)?
Marketer yang tidak dapat memahami hal di atas, sering kali menghabiskan jutaan dolar untuk menciptakan apa yang disebut – NOISE, bukan AWARENESS.
Pakar Smart Marketing Technology sekarang hadir dengan out-of-the-box Digital Campaign Terintegrasi dengan bantuan alat Marketing Automation yang membantu mendapatkan pandangan terpadu dari customer dan mengukur channel yang berdampak tinggi.
Berikut adalah 4 langkah mudah untuk menciptakan strategi cross-channel yang efektif:
Cari tahu kunci channel-channel yang dapat dikonversi
Anda perlu melacak beberapa aktivitas yang dilakukan oleh customer Anda di seluruh channel. Seorang user mungkin mengunjungi website Anda tanpa membeli apapun, namun mungkin saja mengklik push notification yang kemudian diarahkan pada aplikasi dan pembelian produk. Mempelajari perilaku pengguna dapat membantu Anda menciptakan audiens yang mirip dan menargetkan user serupa dengan perlakuan dan cara yang sama.
Tentukan dan pahami target audiens Anda
Banyak marketer mengelompokan user berdasarkan demografi dan produk yang mereka beli, namun ada baiknya apabila dapat mengetahui dan memahami perilaku user tersebut. Segmentasi berdasarkan campuran perilaku dan demografi dapat membantu Anda menciptakan target pemirsa yang sempurna. Selanjutnya, memanfaatkan data historis dapat memungkinkan Anda memahami jenis konten apa yang akan bekerja dengan baik.
Pertahankan konten dan strategi digital Anda tetap selaras
Targeting, re-targeting dan amplifikasi adalah bahan utamanya. Dengan perpaduan campaign organic dan promosi yang efektif, ramuan utama Anda akan selalu disinkronkan dengan baik. Konten memainkan peran penting di sini – strategi konten Anda harus sedemikian rupa sehingga sesuai dengan berbagai tahap customer engagement yang Anda miliki dalam strategi digital Anda.
Ideate, Implement, Execute, Analyse dan Optimize
Ini adalah saat terbaik bagi marketer karena ada beberapa tools Analytics, Marketing Automation dan Optimization terbaik bersama dengan beberapa pakar Marketing Technology hebat yang ada saat ini. Sebuah studi yang dilakukan oleh Forrester menunjukan bahwa “sebagian besar (78%) perusahaan percaya bahwa cross-channel marketing itu sangat penting, lebih dari 50% masih percaya bahwa upaya marketing mereka saat ini gagal karena kurangnya analisis yang menyediakan data cross-channel”. Jadi, mengukur kinerja campaign merupakan bagian penting dari proses ini yang memungkinkan Anda menghasilkan konten yang lebih cerdas dan result driven.
Bagi Digital Marketer dan Marketing Technologists, memberikan customer pengalaman yang “WOW” adalah segalanya.
Jika Anda butuh strategi cross-channel marketing terintegrasi dengan segera, jangan ragu untuk menghubungi kami!
Source:
netcore.in