5 Kesalahan Umum dalam Email Transaksional yang Merugikan Bisnis Anda

Hal terpenting untuk bisnis adalah apa yang ingin didengar konsumen. Dimana konten dimaknai King of Business maka jangan salah buat pesan email yang dipersonalisasi untuk terlibat dengan pelanggan.

Email transaksional telah menjadi bagian integral dari bisnis. Tidak hanya bisa meningkatkan pendapatan dan loyalitas pelanggan tapi juga mengurangi biaya. Email transaksional memiliki tingkat open delapan kali lebih besar dibandingkan dengan email promosi tradisional. Email transaksional juga dikategorikan sebagai email yang dipicu, otomatis, real-time dan personal.

Email transaksional adalah pesan otomatis yang masuk ke inbox pelanggan untuk menanggapi tindakan spesifik yang dilakukan di situs web atau terkadang juga di mobile apps untuk penggunanya yang No Action.

Kasus penggunaan email transaksional yang umum meliputi; Pendaftaran, verifikasi, reset password, transaksi keuangan, konfirmasi pesanan / pengiriman. Email ini juga digunakan untuk mengirim lansiran seperti In Stock, pengabaian keranjang belanja, kupon kadaluwarsa, daily digests dan newsletter mingguan.

Kita hidup di era dimana marketer mengirim email untuk meningkatkan customer engagement dan bisnis mengirim email transaksional untuk konfirmasi pengiriman dan pesanan. Saat ini berbagai brand menggunakan email transaksional untuk membangun kepercayaan pelanggan dan meningkatkan keterlibatan pelanggan mereka. Email transaksional sangat meningkatkan pengenalan brand karena pelanggan dapat berhubungan dengan brand. Sebagian besar email konfirmasi pesanan membawa logo merek dan tanda tangan. Email ini juga membantu bisnis menghasilkan pendapatan.

Jika Anda tidak membuat kesalahan, Anda tidak belajar apapun. Anda bisa belajar dari kesalahan Anda untuk mengubah kegagalan Anda menjadi keuntungan. Seperti yang dikatakan Richard Branson, “Satu hal yang pasti dalam Bisnis. Anda dan semua orang di sekitar Anda akan membuat kesalahan “.

Jadi, mari kita tuntun Anda melalui lima kesalahan umum yang bisa berakibat fatal bagi bisnis Anda apabila tidak diperbaiki.

Kesalahan 1

Persepsi yang salah bahwa semua email transaksional akan menjangkau inbox pelanggan. Sekitar 25% email transaksional tidak masuk ke dalam inbox. Email transaksional yang hilang dapat mengurangi pendapatan bisnis. Bisnis harus mendapatkan keuntungan maksimal dengan mengoptimalkan reputasi email mereka. Email transaksional yang diharapkan yang tidak mencapai inbox menyebabkan user experience yang buruk dan panggilan tambahan ke support center Anda.

Jangan lupakan untuk memperhatikan pengiriman email. Spam adalah email yang tidak diinginkan dan tidak relevan, dikirim secara massal ke daftar subscriber. Google, Yahoo, dan AOL adalah penyedia layanan internet ISP yang mengidentifikasi email spam. Email diberi label sebagai spam jika domain atau alamat IP tidak dapat dipercaya atau isinya mencurigakan.

Anda ingin menemukan cara untuk meningkatkan deliverability email dengan menambahkan SPF (Sender Policy Framework) dan DKIM (kunci Domain yang diidentifikasi mail) ke pengaturan DNS Anda. DNS (Domain Name servers) memelihara direktori nama domain dan menerjemahkannya ke alamat IP (Internet Protocol). SPF dapat menuliskan daftar server yang seharusnya diizinkan untuk mengirim email untuk domain tertentu. Sementara di sisi lain DKIM memverifikasi apakah konten email itu asli dan dapat dipercaya.

Anda harus menerapkan berbagai filter ke alur kerja Anda untuk memperbaiki reputasi email Anda. Penerima email dapat menandai email Anda sebagai spam karena dia tidak mengingat Anda. Kita perlu memeriksa garis “Dari” dan “Subjek” secara kritis. Mereka kebanyakan membantu pelanggan untuk segera mengidentifikasi pengirimnya.

Kesalahan 2

Email memang akan bounced dan itu tidak apa-apa.

Apa itu email bounce?

Bouncing terjadi saat email dikembalikan ke server subscriber karena kegagalan server sementara / permanent dari email server subscriber.

Soft Bounce Vs Had Bounce

Soft bounce berarti alamat email penerima itu valid namun pesan emailnya belum sampai ke server surat penerima, karena alasan berikut:

  • Kotak surat penuh
  • Server sedang down. Server email sementara tidak tersedia, overloaded, atau tidak ditemukan
  • Pesan terlalu besar untuk kotak masuk penerima
  • Penerima sementara tidak tersedia

Di sisi lain, hard bounce adalah saat email belum sampai ke inbox penerima karena salah satu alasan berikut:

  • Alamat email tidak valid

Alamat email tidak ada – alamat email bisa salah ketik atau penerima surat mungkin telah meninggalkan organisasi. Hal ini juga dimungkinkan bahwa penerima telah memberikan alamat email yang salah.

Soft dan hard bounce tidak berada dalam perahu yang sama dimana soft bounce yang sebenarnya merupakan masalah jangka pendek. Daftar email Anda tidak perlu menghapus alamat email yang menyebabkan bouncing jangka pendek. Alamat yang tidak benar atau tidak valid yang menyebabkan hard bounce lah yang harus benar-benar terhapus dari daftar email Anda.

Tidak ada lagi bounce

Sebelum mendesain email yang mencolok, Anda harus fokus pada verifikasi email dan layanan pembersihan email. Daftar email tidak boleh menyertakan id email yang salah, domain atau kesalahan ketik. Jika Anda mengirim email ke ID hard bounce, tentu hal itu membawa ancaman potensial ke domain Anda dan reputasi IP dan MSPs mungkin memberi Anda label sebagai spammer. Daftar email yang bersih memungkinkan bisnis mengikat nama-nama pelanggan mereka yang paling terlibat.

Anda harus menyimpan daftar email dengan bersih dan menyingkirkan alamat email yang tidak valid, tidak responsif dan duplikat. Anda juga harus mengirimkan email konfirmasi ke pengguna yang berlangganan. Proses mengambil izin dari pengguna disebut double opt-in. Penerima email login untuk menerima email, setelah itu dia menerima email pertamanya dengan link konfirmasi, dan dia tidak akan menerima email kedepannya kecuali dia mengklik link atau balasannya secara langsung.

Kesalahan 3

Mengapa kita bahkan memikirkan kecepatan email? Apakah hal tersebut penting?

Berapa banyak dari kita yang membahas kecepatan email? Kami selalu berbicara tentang tingkat inbox, tingkat respons, email yang hilang dan email yang masuk ke spam. Mari fokus pada seberapa cepat email masuk ke kotak masuk. Email yang hilang dapat mengakibatkan kehilangan penjualan, meningkatkan panggilan pelanggan dan pada akhirnya menjadi pelanggan yang tidak bahagia.

Lihat Gambar di bawah ini untuk memahami seberapa penting kecepatan email bagi kebanyakan pelanggan dan bisnis Anda.

v1

Memilih penyedia layanan email yang tepat (ESP) bisa mengubah keadaan secara dramatis dan secara signifikan meningkatkan kecepatan pengiriman.

Kesalahan 4

Mengapa melacak email transaksional? Tidak ada gunanya.

Karena kita berbicara tentang pelacakan email transaksional, mari kembali ke dasar-dasar. Kita semua tahu betapa sulitnya melacak email transaksional. Tapi saat ini, semuanya telah benar-benar berubah. Jika Anda memilih untuk tidak melacak email transaksional Anda, lalu bagaimana Anda akan mengetahui jumlah email bounce atau spam?

NetCORE dapat melacak berbagai jenis email transaksional. Kami bisa mengembangkan wawasan dari notifikasi yang berasal dari server email. Anda bisa mendapatkan jumlah email bouncing untuk mendapatkan ide mengenai bagaimana email Anda dilihat oleh pihak ketiga yaitu ISP. Ada berbagai cara untuk meningkatkan deliverability email. Itu semua tergantung pada data yang Anda kumpulkan dari email transaksional. Tingkat terbuka dan klik pada basis per pengguna cukup memberi umpan balik email transaksional.

Kesalahan 5

Saya tidak membuat apa pun dari email transaksional.

Ini adalah kesalahpahaman yang sangat umum. Email transaksional tidak hanya berisi pemberitahuan transaksional. Anda tidak perlu menyebutkan metode pembayaran atau uang dalam email transaksional. Email transaksional adalah tentang aktivitas akun pengguna atau transaksi. Pesan email bisa berupa pemberitahuan produk yang dipersonalisasi, pengingat kata sandi atau konfirmasi pembelian. Email transaksional mencakup email yang dipicu oleh tindakan pelanggan. Bisa jadi: pengguna tindakan mengambil secara langsung, sebuah tindakan yang menjadi sasarannya atau, bahkan mungkin kelambanan dari pihaknya.

Bisakah email transaksional menguntungkan bisnis Anda? Dengan tingkat open dan klik yang tinggi, email transaksional memiliki tingkat keterlibatan yang sangat tinggi. Email transaksional tidak hanya bisa menghasilkan pendapatan tapi juga melayani multiguna. Dari saluran pendukung hingga konten promosi, koneksi real time dengan pelanggan meningkatkan keuntungan. Email transaksional juga membangun loyalitas merek dan meninggalkan kesan abadi dengan pengguna.

Contoh: Retailer produk online menemukan bahwa 40% pendapatan emailnya berasal dari pesan transaksional / terpicu, yang hanya menghasilkan 4% volume. Sebuah situs perjalanan utama menghasilkan 45% keuntungan email dari pesan yang dipicu yang membentuk hanya 3% sampai 5% dari total volume pesannya.

Kesimpulan

  • Email transaksional adalah nilai nominal dari brand Anda, mereka memerlukan perawatan khusus.
  • Selamatkan diri Anda dari banyaknya Manual Customer Handling, atur pemicu Anda dengan benar.
  • Manajemen bouncing adalah kunci untuk mengirimkan email ke dalam kotak masuk.
  • Otentikasi adalah suatu KEHARUSAN dan tidak dapat diabaikan.
  • Pelacakan akan membawa insight bermanfaat yang akhirnya akan berubah menjadi pendapatan.
  • Promosi silang adalah bisnis yang serius, kerjakanlah dengan serius.

Libatkan Marketing ke dalam formasi Template Creation & Trigger formation Strategy Anda.