3 Cara Jitu Untuk Mencapai Tujuan Marketing Anda

Belakangan ini pelanggan dimanjakan dengan berbagai pilihan. Oleh karena itu, teori Survival of the Fittest justru lebih cocok dengan marketer di era baru seperti sekarang ini. Mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan adalah tantangan yang sulit. Seorang pelanggan dapat berpaling loyalitasnya bahkan tanpa berkedip!

Oleh karena itu, marketer saat ini mengutak-atik banyak strategi dan taktik untuk merayu basis pelanggan mereka yang berpaling. Jadi, berikut adalah 3 cara praktis dan mantra yang dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda.

  1. Ketahui Pelanggan Anda

Apakah perlu disebutkan bahwa marketing tidak lagi merupakan proses one-to-many? Akan lebih tepat apabila menggunakan pendekatan one-to-one yang tepat. Bahkan sebelum Anda bisa berbicara dengan pelanggan Anda one-to-one, Anda harus mengenal mereka terlebih dahulu. Dan mengenal pelanggan Anda secara dekat bukanlah hal yang mudah sama sekali. Pelanggan saat ini jauh melampaui jenis marketing yang mungkin telah kita pelajari di buku manajemen. Pada kenyataanya, mungkin sangat berbeda dari yang teridentifikasi secara teoritis.

Kategorikan pelanggan secara akurat melalui segmentasi yang dipikirkan dengan baik. Pahami pelanggan Anda dengan sangat baik – dengan mengetahui secara pasti siapa mereka dengan memahami perilaku browsing, pembelian dan tindakan mereka.

  1. Bangun Lasting Relationship

Begitu Anda mengenal pelanggan dengan baik, Anda bisa mulai bekerja untuk membangun relationship. One-to-one relationship dengan pelanggan adalah hal yang harus terus dipupuk. Bila Anda tahu preferensi mereka, pada hari apa dan kapan mereka mengerjakan jenis kegiatan apa, Anda dapat menghubungi mereka sesuai dengan kebutuhannya.

Terhubung dengan mereka sesuai perilaku respons mereka dan tidak memborbardir mereka dengan pesan promosi yang tidak perlu. Dengan cara tersebut maka Anda akan mendapatkan respect mereka. Anda juga harus selalu engaged dengan mereka melalui berbagai saluran komunikasi, dengan rajin melacak aktivitas mereka, dan selalu mengirimkan konten relevan yang dipersonalisasi. Terhubunglah dengan mereka dengan tingkat yang lebih dalam!

  1. Maksimalkan Customer Lifetime Value (CLV)

Bila Anda mengenal pelanggan dengan baik, Anda dapat menjalin hubungan yang akan bertahan lama – kemudian Anda tidak hanya memenangkan kesetiaan mereka, tapi Anda juga akan memenangkan kesempatan untuk meningkatkan lifetime value mereka. Libatkan mereka di kantor dan juga di luar kantor. Kirimkan mereka informasi paling relevan yang mereka anggap useful. Tetaplah bersama mereka untuk menawarkan layanan atau produk Anda saat mereka membutuhkannya, dan tingkatkan nilai lifetime value mereka.

Marketer menjadi Marketing Technologist. Sudah saatnya untuk memanfaatkan teknologi dan membawa bisnis Anda ke level yang lebih tinggi.