5 Alasan Mengapa Bisnis Anda Perlu Marketing Automation

Marketing automation adalah penyumbang terbesar ketika berbicara tentang prospek yang menghasilkan, konversi dan pendapatan. Namun, hanya 5% dari semua bisnis yang ada saat ini telah menggunakan marketing automation (Sumber: VentureBeat). Banyak bisnis yang tidak yakin apakah marketing automation adalah tools tepat untuk mereka dan memiliki dampak besar pada bisnis.

Pada artikel ini, kami membagikan 5 alasan mengapa Anda harus pertimbangkan marketing automation:

  1. Menghubungkan titik-titik digital dari pelanggan dan memberikan mereka experience yang terpadu

Cara kita hidup, berbelanja dan mencari informasi telah berubah dengan cepat selama bertahun-tahun dan penggunaan beberapa perangkat bukanlah hal yang aneh lagi tapi sudah menjadi sebuah peraturan yang mengatur dunia saat ini! Pergeseran mendasar dalam perilaku pelanggan dan ekspektasi informasi on demand yang terus meningkat mengharuskan perusahaan melacak pelanggan di banyak channel, mengirim campaign cross-channel yang koreografi dan menciptakan customer experience yang konsisten. Marketing automation dapat melakukan hal-hal tersebut dengan sangat baik sehingga membawa keseragaman dalam semua upaya pemasaran digital Anda.

  1. Mempersonalisasikan dan tetap relevan

Buku peraturan pemasaran menuntut Anda tetap relevan jika Anda ingin meraih kesuksesan. Inilah satu-satunya oembeda antara kesuksesan dan kegagalan. Personalisasi memaksimalkan relevansi serta mengendalikan tanggapan dan hubungan. Dengan menggunakan alat seperti marketing automation akan memungkinkan kita mendapatkan wawasan pelanggan (langsung dari demografi ke perilaku dan minat pelanggan) dan mengirimkan pesan yang telah ditargetkan dan dipersonalisasi kepada pelanggan yang tepat pada waktu yang tepat. 66% marketer melaporkan bahwa peningkatan pernargetan dan personalisasi adalah keuntungan utama dari marketing automation. (Sumber: State of Marketing Automation 2014).

  1. Meningkatkan Return of Investment (ROI)

Di negara seperti di Indonesia, dimana budget dialokasikan secara murni berdasarkan ROI, yang diperlukan dalam bisnis adalah sistem yang akan membantu menghasilkan pendapatan. Dan ketika berbicara tentang menghasilkan pendapatan, tidak ada tools lain yang memberikan jenis pengembalian seperti marketing automation. Marketing automation memberikan real-time actionable metrics yang memberikan wawasan penting mengenai kesehatan bisnis dan membantu pengambilan keputusan yang lebih baik. Pada kenyataannya, perusahaan papan atas menunjukan bahwa alasan paling kuat mereka untuk menerapkan marketing automation adalah untuk meningkatkan pendapatan (Sumber: Gleanster)

  1. Membantu mencapai tujuan bisnis Anda

Semua bisnis besar maupun kecil membutuhkan marketing automation. Untuk startup, satu-satunya hal yang penting adalah pertumbuhan. Dengan anggaran yang ketat dimana representative penjualan berfungsi ganda sebagai marketer juga, para pemula memerlukan marketing automation sehingga mereka memiliki keunggulan teknis untuk menumbuhkan kualitas, menciptakan awareness dan mempromosikan produk. Ada banyak marketing automation tools yang terjangkau yang dapat digunakan oleh usaha kecil dan menengah (UKM) untuk kebutuhan pemasaran mereka. Bagi perusahaan besar, marketing automation memberikan banyak wawasan tentang big data dan menyederhanakan proses utama.

  1. Mengurangi siklus penjualan yang berlarut-larut dan meningkatkan pengelolaan manajemen

Rerata siklus penjualan telah meningkat 22% selama 5 tahun terakhir (Sumber: Sirius Decisions) dan para pembeli sekarang meluangkan waktu untuk mendidik diri mereka sehingga dapat membuat keputusan yang tepat. Siklus penjualan yang berlarut-larut adalah kekhawatiran yang berkembang bahwa bisnis saat ini dihadapi karena tidak hanya menghabiskan waktu dan sumber daya, namun juga menyebabkan kerugian utama. Tetapi dengan marketing automation, Anda dapat menyusun arus proses utama dan membantu Anda memimpin dasar pemicu perilaku dan memperpendek siklus penjualan.

Jika Anda berpikir tentang marketing automation dan tidak yakin harus memulai darimana, silakan hubungi kami di [email protected] untuk belajar bagaimana marketing automation tools milik kami, Smartech, dapat membantu bisnis Anda.